Memilih Nama

Sejak… kira-kira 4-5 tahun lalu, aku sudah tahu mau menamakan anakku dg nama yg seperti apa. Sederhana saja sebenarnya.

Aku pengen namanya berdasar elemennya, dalam bahasa Sansekerta, kemudian diakhiri dg Putra/Putri Semesta. Jadi misal dia anak elemen api, maka namanya bisa jadi Agni Putri Semesta.

BERAT YE? πŸ˜‚

Tapi~ ternyata~ aku dapet suami yg lemayan alot kl diajak pilih nama anak πŸ˜‚ alhasil, nama baru bener-bener final setelah anaknya umur seminggu. Itupun jauhhh dr rencana namaku yg 5 tahun lalu itu πŸ˜…

Aku selalu suka bahasa Indonesia dan Sansekerta. Setelah sering googling (dan berdebat, hahaha) akhirnya aku justru nemu nama lain dg arti yg jg kami yakini sbg doa untuk anak kami dg perpaduan bahasa Sansekerta, Indonesia, dan Kawagaka. Bingung ya yg terakhir bahasa apaan?

Nama lengkapnya Janaddi Akhsya Kian Bentala.

Janaddi: Kata aslinya adalah Janadi yg merupakan bahasa Sansekerta. Maknanya adl manusia yg baik. Kami percaya bahwa menjadi “baik” itu adalah sifat paripurna yg bisa dimiliki oleh manusia. Baik agamanya, baik pemikirannya, baik tindak tanduknya, daaan seterusnya.

Akhsya: Diambil dari bahasa Kawagaka yg merupakan ciptaan teman mz zwm, artinya Engkau.

Kian: Nah, ini punya 2 makna yg bercanda & serius. Jadi kami berdua suka bercanda dalam obrolan, kalo aku ada kaget tg sesuatu misalnya, “Hah, demi apa?!”, dan dibalas, “Demi kian!”. Maksudnya adalah demikian. Namun pd nama anak kami jg bisa menjadi demi Kian, akan kami lakukan apapun yg terbaik.

Bentala: Artinya Bumi atau tanah dalam bahasa Indonesia. Kebetulan Akhsya sbg seorang Taurus elemennya adalah tanah, dan aku lemayan kekeuh kemarin untuk tetap cari nama dg makna elemen yg sesuai.

Maka jadilah doa kami untuknya: Engkau Manusia baik yang ‘kan kian membumi.

Amin.

Leave a comment